Analisis Kebutuhan Modul Ajar Bebasis Model PjBL-RAHMA pada Materi Virus dan Bakteri Fase E SMA/MA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebutuhan pengembangan modul ajar berbasis Project Based Learning (PjBL) RAHMA pada materi virus dan bakteri fase E SMA. Metode yang digunakan adalah deskriptif dengan teknik wawancara guru biologi dan angket kebutuhan peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 36,3% peserta didik mengalami kesulitan pada materi bakteri dan 31,1% pada materi virus, disebabkan oleh materi yang padat dan banyak istilah ilmiah. Peserta didik menginginkan bahan ajar yang menarik, mudah dipahami, dan dilengkapi gambar (39,4%). Selain itu, 32,4% peserta didik menyukai pembelajaran praktik langsung, menunjukkan potensi penerapan model PjBL. Dengan demikian, pengembangan modul ajar berbasis PjBL-RAHMA dinilai relevan untuk meningkatkan pemahaman dan keterlibatan aktif peserta didik dalam pembelajaran biologi.
References
Utami, R. B., & Jumadi, J. (2025). Filsafat Pedagogi kritis dalam Pendidikan Biologi : Membentuk Generasi dengan Kesadaran Kritis. Bayfa Cendekia Indonesia.
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. (2022). Capaian pembelajaran Sekolah Menengah Atas (SMA)/Madrasah Aliyah (MA): Mata pelajaran biologi fase E. Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah.
Darmawan, H. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif dan Lembar Kerja Siswa pada Materi Virus. JPBIO (Jurnal Pendidikan Biologi). 5(1), 27–36. https://doi.org/10.31932/jpbio.v5i1.573
Darussyamsu, R., Lufri, L., Ahda, Y., Alberida, H., Ambiyar, A., & Samsudin, S. (2024). efektivitas pembelajaran berbasis proyek model dengan sintaks rahma untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis calon guru biologi. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 13(4), 688–699. https://doi.org/10.15294/jpii.v13i4.16629
Darussyamsu, R., Lufri, L., Ahda, Y., Samsudin, S., & Kristiawan, M. (2025). the use of innovative project-based learning to elevate pre- service teachers ’ critical and creative thinking skills Keyword s. International Journal of Education and Practice, 13(2), 405–430. https://doi.org/10.18488/61.v13i2.4063
Akmal, A. N., Maelasari, N., Ilmu, T., & Islam, P. (2025). Pemahaman Deep Learning dalam Pendidikan : Analisis Literatur melalui Metode Systematic Literature Review ( SLR ). JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan) 8(10). https://doi.org/10.54371/jiip.v8i11
Hidayat, A. G., & Haryati, T. (2025). Analysis of Learning Effectiveness Using the Deep Learning Approach in Elementary Schools. Kurikula : Jurnal Pendidikan, 9(2), 126–139. https://doi.org/10.56997/kurikula.v9i2.2083
Muhammad, R, Febrianti,V,P., Nurhasanah, A., & Muhajir, S,N. (2022). Telaah Literatur: Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) terhadap Kreativitas Siswa Guna Mendukung Pembelajaran Abad 21. Jurnal Pembelajaran Inovatif, 5(1), 80–85. https://doi.org/10.21009/jpi.051.10

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.




