Analisis Kebutuhan Pengembangan Modul Ajar Berbasis PjBL-RAHMA pada Materi Bakteri dan Jamur
Abstract
Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis kebutuhan untuk mengembangkan modul ajar berbasis model PjBL-RAHMA pada materi bakteri dan jamur pada fase E SMA. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif yang berorientasi pada pengembangan suatu produk. Subjek pada penelitian ini yaitu seorang guru mata pelajaran biologi SMA Negeri 13 Padang yang mengajar ppada fase E. Instrumen pengumpulan data menggunakan pedoman observasi dan pedoman wawancara. Analisis data pada penelitian ini menggunakan Analysis Interactive Miles-Huberman yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini diperoleh beberapa hasil yaitu pertama sekolah sudah menerapkan Kurikulum Merdeka pada setiap aspek dalam proses pembelajaran sehingga modul ajar sudah sesuai dengan Kurikulum yang digunakan. Kedua guru sudah mencoba membuat pembelajaran proyek namun dalam proses pelaksanaannya
belum mampu mengarahkan murid secara mandiri memecahkan masalah dan menentukan solusi dalam proyek, karena penentuan masalah dan solusi yang terlalu berpusat pada guru, selain itu hal ini belum diintegrasikan ke dalam modul ajar. Ketiga murid memiliki kesulitan dalam mempelajari materi bakteri dan jamur karena materi cukup rumit dan padat. Selain itu murid masih belum bisa membedakan peranan yang dilakukan oleh jamur dan bakteri. Berdasarkan hasil temuain di lapangan dan studi literature diketahui bahwa perlu dikembangkan modul ajar berbasis model PjBL-RAHMA pada materi bakteri dan jamur fase E SMA yang mampu membantu guru dalam mengembalikan proses pembelajaran proyek dengan sebagaimana mestinya.
References
Forendra, S., & Selaras, G, H. (2023). Literature Review: Implementasi Model Pembelajaran PJBL Guna Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Peserta Didik Pada Pembelajaran Biologi. YASIN : Jurnal Pendidikan dan Sosial Budaya, 3(5). https://doi.org/10.58578/yasin.v3i5.1434
Garcia, R, S., & Cozar, S, R, D. (2025). Enhancing Project-Based Learning: A Framework for Optimizing Structural Design and Implementation-A Systematic Review with a Sustainable Focus. Sustainability, 17(4978). https://doi.org/10.3390/su17114978
Hadijah, Setiadi, D., & Merta I, W. (2023). Pengaruh Model Project Based Learning Terhadap Keterampilan Komunikasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI MIPA di SMAN 2 Mataram. Jurnal Ilmiah Profesor Pendidikan, 8(4). https://doi.org/10.29303/jipp.v8i4.1700
Jalil, A., & Shobrun, Y. (2023). Pembelajaran Berbasis Proyek: Tinjauan Filosofi Pembelajaran Abad 21. ELIPS: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1). https://doi.org/10.47650/elips.v4i1.918
Jannah, S, R., Frimansyah, R., & Nurfitri, A. (2023). Penerapan Model Project Based Learning dalam Menginisiasi Kegiatan Kolaboratif Peserta Didik Pada Pembelajaran Biologi. Jurnal Biologi, 1(3). https://doi.org/10.47134/biology.v1i3.1972
Kharisma, N., Septiani, D, E.., Suryaningsih, F., Mahdum, M., Erlisnawati, E. (2025). Transformasi Pemmbelajaran Bermakna melalui Depp Learning: Kajian Literatur dalam Kerangka Kurikulum Merdeka. Al-Zayn: Jurnal Ilmu Sosial & Hukum. 3(3). https://doi.org/10.61104/alz.v3i3.1462
Korkmaz, G., & Kalayci, N. (2021). Problem and project-based learning as an educational philosophy: A novel conceptual model for higher education. African Educational Research Journal, 9(3). https://doi.org/10.30918/AERJ.93.21.111
Setyani, A, I., Setyani, A, I., Putri, D, D, K., Pramesti, R, A., Suryani, S., & Ningrum, W, F. (2023). Pembelajaran Biologi dalam Kurikulum Merdeka di Sekolah Urban. Diajar: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran. 2(2). https://doi.org/10.54259/diajar.v2i2.1364
Miller, E, C., & Krajcik, J, S. (2019). Promoting deep learning through project based learning: a design problem. Disciplinary and Interdisciplinary Science Education Research. 1(7),. https://doi.org/10.1186/s43031-019-0009-6
Mulyasa, M. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka. Jakarta Timur: Bumi Aksara.
Muhajar, A., & Hoiroh, M. (2020). Pengembangan Media Booklet Elektronik Materi Jamur untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Kelas X SMA. Bioedu: Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi, 9(1). https://doi.org/10.26740/bioedu.v9n2.p292-301
Yusriani, Y., Arsyad, M., & Arafah, K. (2020). Kesulitan Guru dalam Mengimplementasikan Model Pembelajaran Berbasis Proyek pada Mata Pelajaran Fisika di SMA Negeri Kota Makassar. Prosiding Seminar Nasional Fisika PPs UNM. Vol 2. http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/23573
Zhao, Y., & Wang, L. (2022). A case study of student development across project-based learning units in middle school chemistry. Disciplinary and Interdisciplinary Science Education Research, 4(5). https://doi.org/10.1186/s43031-021-00045-8
Zulaiha, S., Meldina, T., & Meisin. (2022). Problematika Guru dalam Menerapkan Kurikulum Merdeka Belajar. Terampil: Jurnal Pendidikan dan Pengembangan Dasar, 9(2). https://doi.org/10.24042/terampil.v9i2.13974

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.




