Author Guidelines

PANDUAN PENULISAN ARTIKEL PADA BIOEDUCATION JOURNAL

A. Syarat-syarat Tulisan

1. Naskah belum pernah dipublikasikan.

2. Naskah dapat berupa pendapat, wawasan, analisis, serta hasil penelitian dari berbagai jenis riset, seperti penelitian eksperimen, deksriptif, pengembangan, dan tindakan kelas di bidang Pendidikan Biologi.

3. Naskah ditulis dalam format file word sesuai dengan pedoman penulisan ilmiah, sebagaimana dijelaskan pada pedoman penulisan (poin C).

4. Naskah dapat diterima sepanjang waktu dengan mengupload secara langsung pada web: bioeducation.ppj.unp.ac.id dengan login sebagai author terlebih dahulu. Namun jika ada kendala, naskah dapat pula dikirim sebagai attachment ke alamat email redaksi:

a. bioeducation@ppj.unp.ac.id

b. rahmabio@fmipa.unp.ac.id

c. yosibio@fmipa.unp.ac.id

B. Pedoman Umum Penulisan

1. Jumlah halaman artikel adalah 8-12 halaman.

2. Ukuran spasi dalam tulisan adalah 1,15.

3. Jenis huruf adalah Times New Roman dengan ukuran font 12.

4. Artikel menggunakan satu kolom, termasuk judul, abstract, dan identitas penulis.

5. Judul ditulis dalam bahasa Inggris dan bahasa Indonesia.

6. Abstrak dan kata kunci ditulis dalam bahasa Inggris.

7. Batang tubuh artikel ditulis dalam bahasa Indonesia atau bahasa Inggris.

8. Alinea baru ditulis menjorok dengan indent-first line 0,75 cm, antar alinea tidak diberi spasi.

9. Kata asing ditulis dengan huruf miring.

10. Semua bilangan ditulis dengan angka, kecuali pada awal kalimat atau awal paragraf.

11. Tabel dan gambar harus diberi keterangan yang jelas dan diberi nomor urut.

12. Struktur umum artikel hasil penelitian yaitu:

Judul, Abstrak, Pendahuluan (berisikan identifikasi masalah, pentingnya masalah, kegunaan, tujuan penelitian, dan kajian pustaka ringkas), Metode, Hasil dan Pembahasan, Penutup, Daftar Pustaka, Ucapan Terima Kasih (bila perlu), dan Lampiran (bila perlu).

13. Template artikel dapat diunduh pada laman: bioeducation.ppj.unp.ac.id

C. Pedoman Penulisan Struktur Isi Artikel

Struktur isi artikel dijelaskan sebagai berikut.

JUDUL

Judul ditulis dengan font Calisto MT 14 pt, diketik di bagian tengah (center), kapital hanya di awal kata (kecuali kata hubung). Judul ditulis dalam bahasa Inggris dan Indonesia yang memuat maksimal 20 kata.

PENULIS DAN IDENTITAS PENULIS DAN IDENTITAS

Nama penulis ditulis secara berurutan tanpa gelar, tidak boleh disingkat, serta diberi kode nomor (menggunakan superscript) dimulai dari penulis pertama dan seterusnya, ditulis menggunakan font Plantagenet Cherokee 13 pt.

Di bagian bawah nama penulis dituliskan institusi dan alamat tempat penulis bekerja menggunakan font Plantagenet Cherokee 10 pt dan dicetak miring/italic). Selanjutnya dituliskan pula email penulis pertama dengan font Plantagenet Cherokee 10 pt.

ABSTRAK

Abstrak ditulis dalam bahasa Inggris yang berisikan isu-isu pokok, latar belakang, tujuan, metode/pendekatan dan hasil penelitian. Abstrak ditulis dalam satu alinea, tidak lebih dari 250 kata dengan huruf Times New Roman 11pt spasi tunggal dan dicetak miring.

PENDAHULUAN

Pendahuluan mencakup latar belakang atas isu atau permasalahan, serta urgensi dan rasionalisasi penelitian. Tujuan penelitian dan tinjauan pustaka yang relevan disajikan dalam bagian ini. (Times New Roman 12pt).

METODE PENELITIAN

Metode penelitian menjelaskan jenis penelitian, subjek, waktu dan tempat penelitian, serta analisis data yang dilakukan. (Times New Roman 12pt).

HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN

Bagian ini menyajikan hasil penelitian. Hasil penelitian dapat dilengkapi dengan tabel, grafik (gambar), dan/atau bagan. Bagian pembahasan memamparkan hasil pengolahan data, menginterpretasikan penemuan secara logis, serta mengaitkannya dengan sumber rujukan yang relevan. (Times New Roman 12pt).

PENUTUP

Bagian penutup memuat rangkuman/kesimpulan ringkas atas hasil penelitian dan pembahasan yang telah dipaparkan. Juga dapat memuat saran terkait dengan hasil penelitian yang telah dilakukan.

REFERENSI

Penulisan pustaka menggunakan sistem Harvard Referencing Standard. Semua yang tertera dalam pustaka harus dirujuk dalam naskah. Kemutakhiran referensi sangat diutamakan.

UCAPAN TERIMA KASIH (Bila Perlu)

Ucapan terima kasih disampaikan kepada orang lain selain tim peneliti yang berperan dalam penelitian yang dipublikasikan maupun pihak yang mendanai penelitian.

LAMPIRAN (Bila Perlu)

Lampiran dapat berupa gambar maupun tabel, serta instrumen yang digunakan dalam penelitian.

D. Aturan Tambahan

1. Penulisan Referensi

Referensi dituliskan menggunakan sistem Harvard Referencing Standard, dengan baris kedua ditulis menjorok dengan indent-second line 1,25 cm. Antar satu referensi dengan referensi berikutnya diberi space after paragraph.

a. Buku

Penulis 1, Penulis 2, dst. (Nama belakang, nama depan disingkat). Tahun Publikasi. Judul Buku Cetak Miring. Tempat Publikasi: Penerbit.

Contoh: Brookhart, S. M. 2010. How to Assess Higher-Order Thinking Skills in Your Classroom. Alexandria: ASCD.

b. Artikel dalam Jurnal

Penulis 1, Penulis 2, dst. (Nama belakang, nama depan disingkat). Tahun Publikasi. Judul Artikel. Nama Jurnal Cetak Miring. Vol. Nomor: Halaman.

Contoh: Barak, M. & Dori, Y. J. 2009. Enhancing Higher Order Thinking Skills among Inservice Science Teachers via Embedded Assessment. Journal of Science Teacher Education, 20 (5), 459-474.

c. Prosiding Seminar/Konferensi

Penulis 1, Penulis 2, dst. (Nama belakang, nama depan disingkat). Tahun Publikasi. Judul Artikel. Nama Konferensi/Seminar Cetak Miring. Tanggal, Bulan, Tahun, Kota, Negara: Halaman.

Contoh: Darussyamsu, R. 2015. Biology Education Student Acceptance of Evolution Theory before Learn Evolutionary Course in Biology Department. International Conference On Mathematics, Science, Education and Technology Proceeding. 22 Oktober 2015, Padang, Indonesia: 360-365.

d. Tesis atau Disertasi

Penulis (Nama belakang, nama depan disingkat). Tahun Publikasi. Judul. Jenis (Skripsi, Tesis, Disertasi) Cetak Miring. Tempat: Universitas.

Contoh: Sulistiarini, D. 2010. Pengaruh Pengembangan Bahan Ajar Teori Evolusi Berbasis Molekuler Melalui Pendekatan Pembelajaran Konstruktivisme Model FC2P Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis, Pemahaman Konsep dan Sikap Siswa SMA Negeri 3 Malang. Tesis. Malang: PPs Universitas Negeri Malang.

e. Sumber Rujukan dari Website

Penulis (Nama belakang, nama depan disingkat). Tahun Publikasi. Judul. Alamat Uniform Resources Locator (URL). Tanggal diakses.

Contoh: Hook, P. & Mills, J. 2004. Solo Taxonomy and Creative Thinking. http://www.hooked-on-thinking.com. Diakses Tanggal 14 Februari 2017.

2. Penulisan Tabel

Tabel diberi nomor sesuai urutan penyajian (Tabel 1, dst.) tanpa garis batas kanan atau kiri. Judul tabel ditulis di bagian atas tabel dengan posisi rata tengah (centre justified) seperti contoh berikut.

Tabel 1. Penerimaan Mahasiswa Pendidikan Biologi terhadap Teori Evolusi setelah Mempelajari Evolusi Menggunakan Pendekatan ESQ Kriteria Penerimaan Persentase (%) Tinggi 22.22 Moderat 47.22 Rendah 30.56

3. Penulisan Gambar/Grafik

Gambar diberi nomor sesuai urutan penyajian (Gambar 1, dst.), judul gambar diletakkan di bagian bawah gambar dengan posisi posisi rata tengah (centre justified).