Effect of Cooperative Learning Model Numbered Head Together (NHT) to Social Attitudes Toward Competency Seventh Grade Students of SMPN 1 Padang

  • Toeenfi Febrian Suzerli Universitas Negeri Padang
  • Heffi Alberida Universitas Negeri Padang
  • Relsas Yogica Universitas Negeri Padang
Keywords: Numbered Head Together (NHT), competence of social attitudes

Abstract

Learning science in SMPN 1 Padang has been running pretty well in accordance with the curriculum of 2013. However, there are still shortcomings in the aspect of attitude. Such as low self-care among others, mutual esteem is very low when friends come forward, attitudes tend to be selfish and apathetic attitude towards the environment, resulting in low competence of the social attitudes of learners. One of the ways that teachers can do is to implement cooperative learning model Numbered Head Together (NHT). This study aims to determine the effect of cooperative learning model Numbered Head Together (NHT) the competence of the social attitudes of students of class VII SMPN 1 Padang.  This study was an experimental study with a quasi-experimental methods (quasi-experimental). The study population was the students of class VII SMPN 1 Padang. Sampling was done by purposive sampling with learners VII.D class as the control class and the class as a class experiment VII.E. The instrument used is the observation sheet attitude competence of learners. The result shows that there are improvement of students social attitude competence after using NHT in class VII SMPN 1 Padang. Factors include are discussed.

References

Alimuddin. 2014. Penilaian Kurikulum 2013. Prosiding Seminar Nasional. Vol.01 (1) : 24-33.

Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian. Jakarta: Depdiknas.

Atmoko, A. 2013.Penerapan Model Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Dengan Media Buklet Pada Materi Klasifikasi Makhluk Hidup di SMP Negeri Gembong Kabupaten Pati Skripsi.FMIPA. Universitas Negeri Semarang.

Daud, F, dan Fausan, M M. 211. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Pada Konsep Ekosistem Bagi Siswa Kelas VII A SMPN 5 Takalar. Jurnal Chemica, vol 12 (1) : 40-46.

Daryanto dkk. 2012. Model Pembelajran Inovatif. Yogyakarta: Penerbit Gava Media

Djamarah, S. B. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : PT Rineka Cipta.

Gagne, E.D. 1985. The Cognitive Psychology of School Learning.Boston : Little Brown.

Hamalik, O. 2012. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Hasnawati, dkk. 2015. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT (Numbered Head Together) untuk Melatihkan Keterampilan Berkomunikasi dan Meningkatkan Hasil Belajar pada Materi Larutan Elektrolit dan Nonelektrolit. Jurnal pendidikan Sains Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya.vol 5 (1) : 832-834.

Huda, M. 2011. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Lufri. 2005. Metodologi Penelitian. Padang: FMIPA UNP.
Majid, A, dan Chaerul, R. 2015. Pendekatan Ilmiah dalam Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offiset.

Muhammad, N. 2005.Pembelajaran Kooperatif. Surabaya : Pusat Sains dan Matematika UNESA.

Mulyaningsih, M, dkk. 2016. Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) dengan Media Kartu untuk Meningkatkan Keaktifan dan Prestasi Belajar Mata Pelajaran Ekonomi. Jurnal “Tata Arta”. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta. vol 2 (1) : 107-117.

Munawaroh. 2015.Studi Perbandingan Antar Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) dan (STAD) untuk Prestasi Belajar Sosial. Jurnal Penelitian & Metode dalam Pendidikan (IOSR-JRME). Jombang Vol 5 : 24-33.

Permendikbud No. 104 Tahun 2014 tentang Penilaian Hasil Belajar oleh Pendidik pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah.

Pratomo, A. E. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) untuk Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar IPS Siswa SMP Negeri 1 Ngrayun. Gulawentah: Jurnal Studi Sosial. ISSN: 2528-6293. Volume 2 Nomor 1 juli 2017. Halaman 1-12.

Prasetyowati, R.2014. Pembelajaran IPA SMP Menurut Kurikulum 2013: staffnew.uny.ac.id diakses pada 19 Juli 2017.

Ratna, W. D. 2011. Teori-teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Erlangga.

Ratnasari, S. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Terhadap Peningkatan Keterampilan Sosial dan Pemahaman Konsep Siswa dalam Pembelajaran IPA. Jurna Universitas Negeri Yogyakarta, Vol.1: 1-7.

Setiawan,M.P. 2013.Model Number Head Together Berbantuan CD Pembelajaran IPS Pada Siswa Kelas IVB Purwoyoso 03 Semarang (Skripsi). Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Setiawati, Y., dkk. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Thogeter (NHT) Terhadap Hasil Belajar PKN Ditinjau dari Sikap Sosial Pada Siswa Kelas V di Gugus IV Manggis. e-JournaL Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi Pendidikan Dasar. vol. 5 (1-2) : 11.

Shoimin, A. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Jakarta: Ar-Ruzz Media.

Shinta, R. dkk. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Terhadap Peningkatan Keterampilan Sosial dan Pemahaman Konsep Siswa dalam Pembelajaran. Jurnal Pengaruh Model Pembelajaran FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta. Vol. 1: 7.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya, cet.5.Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Suprijono. A. 2009. Cooperatif Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Published
2019-10-31
Abstract viewed = 467 times
pdf (Bahasa Indonesia) downloaded = 252 times