Artikel Strategi Pembelajaran Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Modul Ajar Pada Materi Klasifikasi Makhluk Hidup

  • suci wulan dari iain kudus
  • Aulia Faradina IAIN kudus
  • Novi Amelia Safitri IAIN Kudus
  • Muhammad Irfandzi Chanafi IAIN Kudus
  • Himatul Murtafiah IAIN Kudus
  • Minhatul Husna IAIN Kudus
Keywords: PBL, Modul Ajar, Klasifikasi Makhluk Hidup.

Abstract

Modul ajar yang baik menjadi landasan utama dalam menciptakan pembelajaran yang bermakna bagi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul ajar yang layak pada materi Klasifikasi Makhluk Hidup. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model 4-D yang meliputi tahap Define, Design, Develop dan Dissaminate. Subjek penelitian terdiri dari siswa kelas X-H sebanyak 18 orang yang dipilih menggunakan teknik random sampling serta guru yang terlibat dalam proses validasi. Data penelitian berupa nilai kognitif siswa dan instrumen validasi modul, yang dikumpulkan melalui tes hasil belajar dalam bentuk lembar pemahaman konsep siswa. Data dianalisis secara kuantitaif dengan software SPSS XXVII untuk mengukur efektivitas modul ajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul ajar yang dikembangkan sudah melalui semua tahapan pengembangan dan revisi berdasarkan masukan validator, selain itu juga menunjukkan nilai rata-rata siswa 89,1 Dapat disimpulkan modul ajar ini layak diimplementasikan di kelas X, dan efektif dalam membantu siswa memahami konsep materi Klasifikasi Makhluk Hidup. Dengan demikian, modul ajar diharapkan dapat berdampak positif dalam mendukung peningkatan pemahaman konsep siswa secara signifikan.

References

Arends, Richard I. (2012). Learning to Teach. New York: McGraw-Hill.
Arifin, Zainal. (2015). Pengembangan Modul Ajar untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Harjanto, Bambang. (2020). "Pengembangan Modul Ajar Berbasis Digital dalam Pembelajaran Jarak Jauh." Jurnal Teknologi Pendidikan 22, no. 1: 25–34.
Prastowo, Andi. (2012). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.
Purnomo, Supriyadi. (2018). Dasar-Dasar Klasifikasi Makhluk Hidup. Yogyakarta: Penerbit Universitas Gadjah Mada.
Putri, R. A., dan H. Santoso. (2020). “Efektivitas Model Problem Based Learning Berbantuan Modul Ajar pada Materi Biologi.” Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia 6 (1): 12–20.
Rahardjo, Dodi. (2017). Modul Ajar dalam Pembelajaran: Teori dan Praktik. Yogyakarta: Andi Offset.
Rahmawati, N., dan F. Lestari. (2021). “Pengaruh Penerapan Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar Biologi.” Jurnal Ilmu Pendidikan 19 (2): 56–65.
Ryan, Richard M., dan Edward L. Deci. (2000). "Self-Determination Theory and the Facilitation of Intrinsic Motivation, Social Development, and Well-Being." American Psychologist 55, no. 1: 68–78.
Savery, J. R. (2006). “Overview of Problem-Based Learning: Definitions and Distinctions.” The Interdisciplinary Journal of Problem-Based Learning 1 (1): 9–20.
Schmidt, H. G., dan J. H. Moust. (2000). “Problem-Based Learning: A Review.” Educational Psychology Review 12 (2): 35–50.
Setyaningsih, Eni, Estu Kusuma, dan M. Fathurrohman. (2020). "Pengembangan Modul Ajar Kontekstual pada Pembelajaran Biologi di SMA." Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia 6(1): 34-45.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suprihatiningrum, Weni. (2019). "Pengaruh Modul Ajar terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa." Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran 14, no. 2: 85–90.
Sutrisno, Edi. (2021). "Pentingnya Klasifikasi Makhluk Hidup dalam Konservasi Biodiversitas." Jurnal Ekologi dan Konservasi 30, no. 1: 70–78.
Thiagarajan, Sivasailam, Dorothy S. Semmel, dan Melvyn I. Semmel. (1974). Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children: A Sourcebook. Minneapolis: University of Minnesota.
Tomlinson, Carol Ann. (2001). Differentiating Learning in the Mixed Ability Classroom. Alexandria: ASCD.
Trianto. (2010). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana.
Tyler, Ralph W. (1949). Basic Principles of Curriculum and Instruction. Chicago: University of Chicago Press.
Vygotsky, Lev S. (1978). Mind in Society: The Development of Higher Psychological Processes. Cambridge: Harvard University Press.
Widodo, Slamet, dan Jasmadi. (2008). Panduan Menyusun Bahan Ajar Berbasis Kompetensi. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.
Yusuf, I., & Widyaningsih, S., W. (2018). Pembelajaran PBL berbantuan Lab-VIR melalui Lesson Study dalam meningkatkan kualitas pembelajaran fisika umum Universitas Papua. Jurnal Pendidikan Fisika. Vol 6(2).
Published
2025-06-27
Abstract viewed = 0 times